[BLOGTOUR+GIVEAWAY] SEOULMATE

[BLOGTOUR+GIVEAWAY] SEOULMATE

03:19


Judul: Seoulmate
Penulis: Lia Indra Andriana
Penerbit: Haru
Tahun: 2016
ISBN: 978-602-638-309-9
Jumlah halaman: 320

***

“Hantu juga punya perasaan seperti manusia.”

***

Blurb

Sun benci kemampuannya untuk melihat hantu, tapi demi bisa bertemu lagi dengan orang yang sudah lama dicarinya, Sun terpaksa bergabung dengan Seoulmate, organisasi yang ‘menjodohkan’ manusia dengan hantu untuk menolong klien-klien mereka. Sialnya, partner Sun adalah si hantu amnesia yang suka memaksa Sun mencarikan masa lalunya.
Saat Sun mulai marasa nyaman dengan partner dan pekerjaannya, sesuatu di luar dugaan pun terjadi.

***

Seoulmate

Organisasi ini mempunyai tujuan untuk membantu manusia dan hantu. Para soul adalah jiwa yang gentayangan karena urusan mereka di bumi belum selesai. Ucapan yang belum dikatakan, perbuatan yang belum dilakukan, penyesalan yang kadang terlambat…para soul masih ada di bumi karena alasan-alasan semacam itu.

Anggota Seoulmate

Organisai nyentrik ini beranggotakan Siwon, co-founder sekaligus mate senior. Lalu ada Minho, hantu berbadan besar dan memiliki potongan rambut bak seorang tentara. Kemudian Betty, hantu wanita setengah baya yang beraksen Amerika. Narae, si hantu yang paling cantik di antara mereka, serta seorang hantu berhoodie hitam yang lupa akan masa lalunya—Jang. Si Kembar Lee Joon dan Lee Miju sebagai mate. Sedangkan Kim Sun, anggota baru yang juga berprofesi sebagai mate.

Cara Kerja Seoulmate

Seoulmate bekerja berdasarkan proposal dari klien. Tiap-tiap proposal memiliki label yang berbeda. Label A untuk proposal Action, label D untuk Drama dan label R untuk Romance. Mate (manusia) dan soul (hantu) haruslah bekerjasama demi suksesnya proposal yang diminta klien.

Review

Membaca novel ini mengingatkan saya dengan sebuah drama Let’s Fight Ghost yang disiarkan oleh TV-N tahun 2016. Ceritanya tentang seorang pemuda yang bisa melihat hantu kemudian bergabung dengan Sundae, ekskul kampus khusus untuk berburu hantu. Di sana, Taecyeon, bertemu dengan Kim Soohyun yang merupakan hantu amnesia, lupa mengapa ia bisa mati. Ia kemudian menempel pada Taecyeon dan memintanya agar membantunya untuk mengingat masa lalunya.

Kembali ke Seoulmate, Kim Sun, dipasangkan dengan hantu amnesia yang akhirnya diberi nama Jang. Hantu yang ternyata menyebalkan dan banyak maunya itu ternyata membantu Sun dalam menjalani hari-harinya di Seoulmate. Mereka berdua awalnya tidalah kompak, namun lama-lama mereka bisa kompak dan menyelesaikan beberapa proposal dengan baik.

Imajinasi saya mengatakan bahwa jika Seoulmate ini dijadikan sebuah drama, saya akan memilih Park Shinhye dan Jang Geunseok untuk memerankan Sun dan Jang. Saya masih terbayang serunya hubungan mereka di drama You’re Beautiful. Hihihi drama jadul ya!

Bahasa yang digunakan penulis mempermudah saya untuk membaca lembar demi lembar Seoulmate dengan cepat. Tidak lebih dari dua hari saya berhasil menamatkan Seoulmate ini. Romansa magis dan keseruan tiap proposal bahkan masih kebayang sampai sekarang.

Satu proposal yang ditangani Sun dan Jang yang paling saya suka adalah saat menemani seorang gadis yang kesepian di hari ulang tahunnya. Oh, andaikan benar-benar ada Seoulmate ini di dunia nyata, saya bakalan order Jang dan Sun sebagai teman hangout saya. Hihihi sepertinya bakalan seru.

Secara smooth, penulis menyisipkan kisah cinta di dalam Seoulmate. Kisah cinta antara hantu yang sebenarnya adalah jiwa yang keluar dari tubuhnya karena sedang koma dengan manusia yang lelah menunggu seseorang di sana. Saya kembali teringat dengan kisah drama Let’s Fight Ghost yang ternyata jiwa dari tubuh yang koma juga. Duh, kebetulan yang menyenangkan!

Yang saya suka dari Seoulmate

Don’t judge book by it’s cover. Sorry, but I do! Begitu membuka sampul plastiknya, aduuhh….kertas yang digunakan sebagai cover sungguh spesial. Tekstur kertas yang tidak licin dan saya suka! Gambar anime (atau manga ya?) seorang gadis berambut panjang sebahu dan seorang pemuda berhoodie hitam juga lucu! Di tambah lagi pada cover belakang, gambarnya lucu banget!
Hal kedua yang saya suka dari Seoulmate adalah idenya tentang organisasi antara hantu dan manusia. Seandainya di dunia nyata ada hal semacam itu ya? Bakalan asyik!

Tapi ada yang perlu diperhatikan nih

Typo. Udah hanya itu aja. Beberapa typo bertebaran dan membuat saya agak kurang nyaman. Ada beberapa yang kurang tanda baca seperti yang saya temukan di halaman 60 dan 65. Untuk masalah typo memang hanya typo-typo kecil sih tapi akan lebih bagus jika bebas dari typo kan? Hihi.

Saya menemukan beberapa typo, salah satunya pada halaman 70 baris ke-6 dari bawah. Di sana tertulis “memelesatkan”. Setahu saya yang benar adalah “melesatkan”.

Kemudian ada beberapa kata yang penulisannya membuat saya bingung, yaitu “mengiakan” dan “orangtua”. Apakah yang benar “mengiakan” atau “mengiyakan” mengingat kata dasarnya “iya”.
Sedangkan untuk kata “orangtua” penulisannya digabung atau dipisah, mengingat di dalam buku terdapat sedikit ketidakkonsistenan, Karena pada halaman 81 baris 8 dari bawah tertulis “orangtua” sedangkan pada halaman 82 line 8 dari bawah tertulis “orang tua”.

Rekomendasi

Bagi kamu yang doyan menonton drama korea, wajib banget nih membaca novel yang satu ini. Imajinasi kamu akan dimanja dengan kisah Sun dan seisi Seoulmate lainnya. Selain itu, kamu juga bakalan mendapat pengetahuan tentang Korea Selatan. Seperti tempat-tempat asyik di sana, ada Insadong, Myeondong, Namdaemun, hingga Nami Island yang terkenal dengan drama Winter Sonata-nya.

Rate

Saya memberikan 2.5 bintang untuk novel ini. Saya bulatkan jadi 3 bintang karena covernya yang unyu dan ide cerita yang “berbeda”.

Oh iya, saya juga buat video berisi review singkat tentang Novel Seoulmate. Buat kamu yang males  belum puas baca tulisan di atas, kamu bisa lihat videonya di bawah ini!



GIVEAWAY TIME

Setelah membaca atau menonton video review di atas, kamu bisa mendapatkan 1 Set Bookmark Seoulmate (hanbok/casual) yang lucu parah! Kamu cukup melakukan beberapa hal di bawah ini: 

1. Follow twitter @penerbitharu dan @arintyawidd

2. Sebarkan link Blogtour+Giveaway ini dengan hastag #NovelSeoulmate #Haru6ig. Jangan lupa mention akun @penerbitharu dan @arintyawidd ya!

3. Menjawab pertanyaan di bawah ini. Oh iya karena blogtour ini bertepatan dengan hari jadi Penerbit Haru, kamu juga boleh memberikan harapan-harapan kamu untuk Penerbit Haru ke depannya. Jangan lupa sertakan data diri kamu saat menjawab ya :) 

4. Selain di blog ini, kamu juga bisa mencoba peruntungan di blog-blog lainnya yang bisa kamu lihat di bawah ini ya!
Daftar bloghost lainnya


5. Pertanyaan: 

Buku terbitan Haru mana yang paling kamu sukai? Kenapa? :)

Contoh jawaban:
Nama: Arintya
Asal: Klaten
Twitter: @arintyawidd

Jawaban: Aku paling suka Seoulmate. Karena novel ini manjain imajinasi aku banget. Aku jadi bayangin gimana asyiknya seandainya kalo organisasi Seoulmate ini beneran ada. Aku mau jadi salah satu dari klien mereka hihi.

Oh iya, selamat ulang tahun ya Penerbit Haru! Semoga semakin bertambahnya usia semakin berjaya dan menerbitkan karya-karya lucu dan keren lainnya. Aku sayang Penerbit Haru! :))

6. Satu orang dengan jawaban paling kreatif berhak mendapatkan 1 set bookmark seri Seoulmate (Casual / Hanbook akan dipilih secara random)
Bookmark Set - Ada Casual dan Hanbok


Yuk meriahkan event Ulang Tahun Penerbit Haru #Haru6ig. Bigger than ever!
Semoga beruntung :)


You Might Also Like

9 komentar

  1. Nama: Lina Ernawati
    Domisili: Tangerang
    Twitter: @Linaern

    Saya paling suka novel Oppa & I.
    Karena novel ini ceritanya mengalir seperti air, santai tapi lama kelamaan membuat air mata saya keluar. Saya juga suka novel ini, soalnya ada unsur kebudayaan koreanya.

    Selamat bertambah umur penerbit haru! Semoga bisa menjadi penerbit terjemahan novel-novel asia yang sukses dan menginspirasi. Semoga bisa membuat minat membaca orang indonesia meningkat, dan semoga makin banyak lagi berkarya💕

    ReplyDelete
  2. Nama: Maya Elfiani Yudistira
    Domisili: Palembang
    Twitter: @MayaElfianiY

    Novel favorit terbitan haru itu novel The Chronicles of Audy. Novel ini tuh udah kayak paket komplit. Tentang keluarga ada, romance ada, sedih2nya ada bahagianya pun ada.

    Selamat hari jadi ke-6 Penerbit Haru. Semoga tetap selalu jadi penerbit yang menerbitkan karya berkualitas 😊

    ReplyDelete
  3. Nama : Riza Putri Cahyani
    Twitter : @Zhaa_Riza23
    Domisili : Bogor

    Jawaban :
    Aku paling suka dgn Oppa & I. Soalnya ceritanya itu dgn latar korea, jalan ceritanya enak dan karakternya aku suka. Aku paling suka endingnya ya walaupun sempat ada sedih-sedihnya tapi aku suka. Dan saengil cukkae hamnida untuk penerbit haru semoga makin sukses dan novel yg diterbitin makin banyak dan makin keren

    ReplyDelete
  4. Nama: Aulia
    Asal: Serang
    Twitter: @nunaalia

    Buku terbitan Haru mana yang paling kamu sukai? Kenapa? :)

    So, I Married The Anti-fan, karena itu buku Haru pertama yg aku punya dan kubaca. Ceritanya juga seru dan lucu. Dan nggak sabar baca buku Haru lainnya.

    Happy Birthday Penerbit Haru!!
    Semoga selalu sukses, terus kreatif, dan menjadi yang terdepan di bidangnya! ;)

    ReplyDelete
  5. Nama : Ervan Setiawan
    Asal : Bogor, Jawa Barat
    Twitter : @saidrha

    Jawaban :

    Jujur Aku belum punya satupun bukunya tapi aku baca sinopsisnya aja :)

    Klo ini buku bukan buku biasa
    Pokoknya best seller deh ,

    The Chronicles of Audy: 4R,
    The Chronicles of Audy: 21,
    The Chronicles of Audy: 4/4, and
    The Chronicles of Audy: O2.

    Karna dah baca sinopsisnya Aku suka jalan ceritanya bisa baperan itu yg membuatku penasaran dan stahu aku emang terbitan Haru itu bagus2
    Se-Asia pokoknya emng khas bnget !!!

    Penerbit Haru
    Aku tau kmu Terbitan Yg mengharukan dgn Buku-Bukunya yg Ngena bnget !!!
    Sukses terus untuk Penerbit Haru dan Manjain dgn Buku Terbaru Menariknya :)

    Buku Terbitan Dari Penerbit Haru itu :
    - Ajib
    - Aktraktif
    - Asyik
    - Amazing
    - Awesome
    - Best Seller
    - Bagus
    - Keren
    - Kece
    - Lengkap
    - menggugah
    - menyentuh hati
    - mendidik
    - menghibur
    - memotivasi
    - Menginspirasi
    - Dan paling dipercaya untuk rekomendasi buku-buku Asia Paling Top !!!
    Dan Aku berharap di untuk Terbitan Haru jadilah Terbitan yg Mencerdaskan Bangsa
    Terutama untuk para Pemuda-Pemudinya :)

    ReplyDelete
  6. Nama: Ratna Komalasari
    asal: Tangerang
    akun twitter: @imratnasr


    Aku paling suka YOU ARE MY MOON. Karena Novel ini bener-bener ngebuat aku selalu senyum-senyum gak jelas saat membacanya. Kalau yang suka sama Thai-Drama pasti seneng banget baca ini, karena novel ini bukan hanya mengajarkan kita tentang cinta sejati, tapi juga pengorbanan dan kasih sayang yang tulus. Dan jangan lupakan Humor yang menggeletik yang ngebuat kita selalu ngakak tiap baca humor didalam karya ini, Novel ini reccomended banget buat yang suka romance dan ada sentuhan humornya. Top deh!

    Dan Happy Brojol day Penerbit Haru! Semoga makin sukses yaa! Jadi penerbit yang selalu menyajikan karya-karya terbaik dari seluruh Asia!

    ReplyDelete
  7. Nama: Bety Kusumawardhani
    Asal: Surakarta
    Twitter: @bety_19930114

    The Chronicles of Audy karena aku bisa merasakan kembali perjuanganku untuk menyelesaikan skripsi. Dengan membaca novel ini, aku merasa seperti membaca komik jepang (manga) sekaligus. Aku suka cara penulis dalam mendiskripsikan tokoh, adegan, tempat kejadian sehingga terkesan ringan dan mudah dipahami. Humornya terkesan natural/tidak berlebihan dan tidak dipaksakan. Alur ceritanya jadi mengalir dengan sendirinya sehingga tanpa sadar pembaca sudah sampai di akhir cerita. Novel ini memakai sudut pandang orang pertama sebagai tokohnya, sehingga ketika membaca aku merasa menjadi si tokoh utamanya (Audy).

    Sukses buat Haru! :)

    ReplyDelete
  8. Nama: Rinita
    Asal: Jatim
    Twitter: @Rinitavyy

    Q: Buku terbitan Haru mana yang paling kamu sukai? Kenapa?

    A: Buku haru pertama yang pernah aku baca sekaligus buku favoritku bertempo sepanjang masa dari penulis asal indonesia adalah The Chronicles of
    Audy: 4R. Mengapa demikian? Karena tokoh 4 cowoknya itu lho bikin aku susah move on bahkan berpalinh sedetik pun aku nggak mau (terutama buat rafael yg gemesin dan Rex yang cool abis, haduuh lemes langsung deh aku). Dan aku pun pengennya selalu baca buku kk Orizuka yg itu berulang-ulang.



    Happy Birthday Peberbit Haru buat yg keenam tahun ini. Harapanku adalah tetaplah menjadi
    Penerbit favoritku. Favorit
    banyak orang. Yg karyanya
    semakin banyak, membuatku candu dan ter-HARU.

    ReplyDelete
  9. Nama : Humaira
    Asal : Purwakarta
    Twitter : @RaaChoco
    Jawaban :
    Aku paling suka So, I Married The Anti Fan. Ceritanya unik, fresh, rame dan gokil abis. Ga kebayang kalo aku jadi Geun Yong, ikut reality show dan tinggal bareng sama selebriti yang sangat ga disukainya. Belum lagi banyak adegan konyol dan romantisnya, yang kadang-kadang bikin senyum sendiri, kadang-kadang bikin sedih. Komplit deh, hehehe :D

    Semoga Penerbit Haru makin maju, makin banyak buku-buku yang diterbitkan. Buku-buku yang menghibur dan ga bikin bosen waktu bacanya. Selalu menerbitkan buku-buku favorit, semoga Penerbit Haru menjadi salah satu penerbit yang selalu ditunggu-tunggu karya selanjutnya dan makin banyak yang kena Haru Syndrome. Psstt, semoga Penerbit Haru makin sering adain giveaway berhadiah buku kece dan barunya Haru.

    Sukses selalu buat Haru :) :)

    ReplyDelete

INSTAGRAM