1 Feb 2017

Cara Membuat Tulisan di Belakang Objek Foto


Halo!

Arintya kembali hadir *apasih* dengan info menarik seputar Photoshop. Kalo minggu lalu aku bikin postingan tentang membuat efek jahitan, kali ini aku akan sharing tentang editing foto dengan Adobe Photoshop agar tulisannya berada di belakang salah satu objek.


Penggunaan teknik penulisan ini pertama kali aku lihat waktu lagi nonton vlog-nya Arief Muhammad. Doi menggunakan thumbnail foto dengan efek tersebut. Menurutku sih unik dan nyentrik. Aku mikirnya bakalan susah dan harus berlayer-layer dan pake tools berlapis.

Eitsss….

Aku ternyata salah. Hasil coba-coba dan googling sana-sini membuktikan kalo ternyata efek tersebut hanya membutuhkan SATU TOOL AJA! Plus beberapa layer tergantung kebutuhan kamu.
Oke deh, mari kita lihat step by step biar editing foto kamu makin kece!

      1.  Pertama, buka dulu foto yang mau kamu edit. Gampang aja, Klik Foto > Klik kanan > Open With > Photoshop (aku pake PS CS5)




      2.  Oke, kalo foto udah dibuka, lalu buat tulisan seperti biasa. Nggak apa-apa nabrak objek dulu. Cara buat tulisan cukup Klik huruf T pada toolbox trus arahkan kursor ke layer.




      3.  Kemudian aktifkan layer tulisan kamu, Klik kanan > pilih Rasterize Type untuk mengubah format tulisan menjadi layer.



     4. Setelah itu kamu bisa pakai Polygonal Lasso Tool atau erase biasa. Tapi aku lebih prefer ke Polygonal Lasso Tool karena hemat waktu dan lebih rapi hasilnya hehe. All you can do is just geser-geser Polygonal Lasso Tool ke arah objek. Kemudian tinggal pencet delete atau backspace.




       5.   Udah deh! Kini foto kamu jadi bisa dikasih efek tulisan di belakang objek. Salah satu nilai tambah kalo kamu aplikasikan efek ini sebagai opening image untuk blog post-mu.

AFTER
BEFORE

Photoshop is like a magic wand in digital world, eh?

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.

Love


13 Comments:

  1. O.,, begitu caranya, thank infonya! :)

    BalasHapus
  2. Yeaaay ... dapaet ilmu baru. Makasih udah share step by step nya mbak Arintya. Cuuus nyobain ah :)

    Salam kenal,
    romapakpahan(dot)com

    BalasHapus
  3. yeay thankyou so much buat tipsnya kak, udh sejak lama penasaran gmn bikinnya hihi
    btw request dong.. buat yang pengguna apple tapi pake free software hehe thanks


    www.jennitanuwijaya.com

    BalasHapus
  4. Wah, sesederhana itu? Keren ya hasilnya.
    mas-mas bulenya juga cakep. #eh. Hahaha

    BalasHapus
  5. Iya mbak cakep bingit, makanya buat bahan belajar biar makin semangat hihi :3

    BalasHapus
  6. thanks infonya kak,yuk jangan lupa mampir di blog saya www.sitifaridah1996.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Makasih banyak infonya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, terima kasih udah mampir :)

      Hapus
  8. Begitu ternyata bikinnya ya. Selama ini pake Photoshop cuma buat huruf biasa atau resize foto. Mau coba aaah supaya opening image jadi lebih gaya. Makasih sharingnya.

    BalasHapus

Halo! Jangan lupa tinggalkan komentar, siapa tahu kita bisa diskusi bersama. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. Thankyou :)