23 Jan 2017

Membuat Efek Jahitan dengan Adobe Photoshop


Halo!


Setelah sekian lama nggak utak-atik Photoshop karena laptop lama baru tersungkur di rumah sakit *cries, akhirnya aku kesampaian juga mainan PS (Photoshop—red.) pake laptop “sementara”. Awalnya sempat kikuk, karena banyak tools yang aku lupa di mana tempatnya dan gimana cara pakainya.

Salah satu tool yang dulu sering banget dipakai tapi sekarang malah lupa gimana caranya make adalah brush. Dulu sering banget bikin garis putus-putus kalo bikin desain, biar terkesan ada efek jahitannya hihi. Selain garis putus-putus bisa terkesan ada efek jahitannya, bisa juga mempercantik desan yang dibuat, biar vintage gimana gitu.

Nah, biar nggak lupa, aku mau bikin tutorial ala-ala. Selain buat info ke temen-temen yang mungkin belum tahu gimana caranya bikin garis putus-putus pake PS (khusus PS C5 ke bawah ya, karena PS C6 ke atas udah ada tools-nya sendiri), tutorial ini juga biar kalo aku lupa, tinggal buka postingan ini deh hihi.

Oke mari kita mulai!

Yang pertama adalah buka PS. Kali ini saya pake PS C5. Tampilannya seperti ini.



Lalu buka layer baru. Caranya tekan CTRL+N. Sesuaikan panjang dan lebar serta ukuran pixel sesuai dengan kebutuhanmu.


Kemudian pilih tool BRUSH pada TOOLBOX di sisi kiri. Lalu tekan F5 untuk membuka BRUSH PRESETS. Jangan lupa aktifkan layer Background dengan cara meng-klik layer bertuliskan Background.


Atur ketebalan brush pada BRUSH PRESETS. Di sini aku ambil contoh 4px.


Lalu pilih BRUSH yang ada di sebelah BRUSH PRESETS. Trus klik di bagian DUAL BRUSH, lalu atur size, spacing dan lain-lain. Oh iya, usahakan size pada DUAL BRUSH ini lebih besar daripada BRUSH PRESETS tadi ya!


Udah deh, tinggal pake di layer kamu! Kini kamu bisa membuat garis putus-putus dan memberi efek jahitan.


Semoga blog post kali ini bermanfaat ya.

Selamat berkarya!

Arintya

3 Comments:

  1. entah kenapa baca serius2 terus ada kata-kata "garis boleh putus-putus, hubungan kita jangan" ,jadi gagal fokus

    BalasHapus
  2. Suka deh template blognya. Bersih. :)

    BalasHapus

Halo! Jangan lupa tinggalkan komentar, siapa tahu kita bisa diskusi bersama. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. Thankyou :)