Satu Tahun Perjalanan Ngeblog Pro yang Menyenangkan

17:29


Hai! Assalamu’alaikum gengs. Udah lama nih nggak posting tulisan berbau pribadi yang sekiranya bermanfaat #halah.

Kali ini ada yang baru saja ulang tahun lho? Siapakah dia?

Iya, blog Arintya.com lagi berulang tahun tepat di tanggal 21 November 2017 kemarin. Nggak nyangka banget blog ini bisa lebih serius dan bertahan hingga satu tahun lamanya. Wohoooo~

Awal mula arintya.com

Dulu saya awalnya ragu untuk mempunyai domain sendiri. Maklumlah, saya nggak ngerti caranya masang ini itu. Ribet! Dan yang paling penting, punya domain sendiri itu harus merogoh kocek ratusan ribu. Rasanya agak sayang harus mengeluarkan uang segitu demi sebuah blog yang nggak tahu bakalan terus eksis atau nggak ini.

Suatu hari, ada sebuah tawaran untuk nulis artikel konten partner di blog saya yang satu lagi. Padahal domain juga masih nebeng alias gratis. Agak kaget aja ada sebuah agensi yang nyasar ke blog saya dan mempercayakan sebuah artikel untuk kliennya di blog saya. Nah dari situlah saya mulai tergoda untuk beralih ke Top Level Domain. Siapa tahu saya bisa rajin nulis saat udah punya domain berbayar ini.

Baca juga: Blogger Pemula Belajar SEO

Tantangan

Setiap hal pasti ada suka dukanya. Termasuk punya domain yang berbayar ini.Mungkin bukan suka duka kali ya, tapi lebih ke tantangan dan kelebihannya. Nah kalau tantangan saya selama ngeblog pakai domain berbayar ini adalah kesulitan menemukan niche blog sendiri. Jujur sih saya orangnya kalau lagi suka sama sesuatu, ya tulis aja. Jadilah kebanyakan isi blog campur-campur. Awalnya suka nggak percaya diri pas ikutan lomba-lomba, tapi akhirnya saya berhasil menemukan beberapa benang merah yang mewakili tiap artikel di dalam blog.

Niche pertama saya adalah #GalawBermanfaat. Lalu akhir-akhir ini saya beralih ke niche Youth Life For You. Memang sih agak berbeda dengan niche kebanyakan blogger, tapi mencoba sedikit out of the box nggak ada salahnya 'kan?

Kelebihan

Kalau yang tadi bicara soal tantangan, kini saatnya rumpi tentang kelebihan domain berbayar. Jujur sih saat udah punya domain sendiri, saya jadi terpacu untuk menulis. Menulipun nggak asal-asalan kayak dulu. Harus dipikir matang-matang mengenai konsep hingga visual. Lumayanlah saya jadi lebih produktif menulis lagi. Bonusnya, saya jadi sering dihubungi beberapa partner untuk kerjasama bareng. Hehehe, Alhamdulillah!

Harapan ke depan untuk arintya.com

Blog ini udah saya anggap selayaknya anak sendiri. Mulai dari milih tema, bikin logo, tata letak, semuanya saya yang mengurus. Jadi, di usia blog yang masih bayi ini saya berharap agar semangat nulis saya tetap membara. Nggak peduli kerjaan di kantor lagi gila-gilanya atau lagi ada masalah. Karena dengan menulis, saya bisa sepenuhnya jadi diri sendiri. Kalau kamu ingin tahu bagaimana Arintya yang sebenarnya, ya baca tulisan-tulisan saya di blog ini hehehe.

Kalau kamu gimana nih? Apa pengalaman ngeblog yang paling berkesan? Kalau mau ngucapin atas setahun lahirnya blog ini juga monggo lho gengs!

Love,

You Might Also Like

0 komentar

Halo! Jangan lupa tinggalkan komentar, siapa tahu kita bisa diskusi bersama. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. Thankyou :)

Subscribe