Keliling Kota Bandung Cuma 10 Ribu

08:47

Bandros!
Hula!

Siapa yang nggak sabar ingin liburan di akhir tahun ini?


Kalau saya udah liburan sih, jadi pas akhir tahun nanti sengaja dikosongkan untuk keluarga di rumah. Liburan kemarin, saya memilih Bandung sebagai destinasi pelepas penat. Kenapa Bandung? Karena sudah lama mambaca blog Bandung Diary dan jatuh cinta dengan setiap sudut Bandung lewat tulisan. Kebetulan, teman-teman saya yang berada di Jakarta dan Karawang juga ingin ke Bandung. Cus lah kami bertemu di kota batagor ini.

Liburan saya di Bandung pada hari pertama tergolong murah. Kenapa? Karena saya dan teman-teman keliling kota Bandung hanya dengan modal sepuluh ribu dan semangat meskipun hari itu Bandung sempat diguyur hujan. 

Sebentar, sebentar, kamu pasti penasaran ‘kan dengan sepuluh ribu yang tadi saya sebutkan? Saya nggak bohong, modal saya untuk keliling Bandung itu hanya sepuluh ribu. Kok bisa? Bisa dong! 

Setelah lama riset tentang transportasi umum di Bandung, saya dan teman-teman memutuskan untuk naik Bandros. Bandros di sini bukan jenis minuman ya, tapi salah satu transportasi umum yang disediakan Pemkot Bandung untuk keliling kota. Bandros ini memiliki kepanjangan Bandung Tour on Bus. Buat kamu yang ingin ke Bandung dan ingin mencoba Bandros ini, cus simak perjalanan saya dengan transportasi unyu ini.

Mulai dari Taman Dewi Sartika

Taman Dewi Sartika, Bandung
Bandros ini biasanya mangkal di Taman Dewi Sartika. Waktu saya ke sana, Bandros sudah beroperasi sejak pukul 7 pagi. Namun di website wisata Bandung, tertulis baru beroperasi pukul 9 hingga 4 sore. Saat itu saya dan teman-teman sedikit kepagian, jam setengan 7 sudah bersiap di Taman Dewi Sartika. Tapi dengan keadaan Taman Dewi Sartika yang bersih dan nyaman, kami jadi betah menunggu Bandros datang. Dan, di Taman Dewi Sartika ini kamu nggak usah khawatir jika kehabisan paket data, karena ada free wifi yang aksesnya cukup cepat! Dimanjakan banget kan dengan fasilitas yang oke ini?
Bersih banget kan?

Siapkan uang sepuluh ribu dan semangat untuk keliling Kota Bandung!

Cukup 10ribu aja
Untuk bisa keliling Bandung dengan Bandros, kamu perlu menyiapkan uang sebesar sepuluh ribu rupiah. Tapi tenang, dengan uang sepuluh ribu itu kamu akan diberikan air minum (kalau pas saya sebotol Goodmood) dan kesempatan keliling kota Bandung ditemani dengan pemandu wisata. Teteh pemandu wisata ini sukses banget membangun mood jadi lebih ceria. Kamu juga akan diajari beberapa dialog bahasa Sunda. Menarik ‘kan?


Selama satu jam penuh, kamu akan diajak keliling Kota Bandung

Durasi naik Bandros ini cukup lama, yaitu sekitar satu jam perjalanan. Buat saya, waktu satu jam itu nggak berasa. Karena asyik melihat kota Bandung dan mendengar penjelasan dari pemandu wisata. Sejujurnya saya kurang ingat detailnya tempat-tempat yang dilewati. Yang nyangkut dengan jelas di pikiran saya hanya, Jalan Asia-Afrika, Jalan Braga, Museum Geologi, Rumah Kentang, berbagai taman di Bandung yang oh-so-well, tahanan Bung Karno, lalu kembali lagi ke Taman Dewi Sartika. 

Kelebihan dan apa saja yang perlu ditingkatkan Bandros

Kelebihannya tentu saja sebagai alternatif jalan-jalan hemat ala turis backpacker-an. Di mana lagi bisa keliling kota Bandung selama satu jam hanya dengan sepuluh ribu rupiah? Selain itu, di setiap sudut kota Bandung yang dilewati sang pemandu wisata juga tak lupa menjelaskan sejarah dan cerita singkatnya. Selain itu kamu juga bisa berinteraksi dengan berbagai lapisan masyarakat di Bandros. Mulai dari adik-adik TK, ibu guru, hingga para turis lainnya. Kalau beruntung sih bisa bareng sama bule biar bisa sekalian cas-cis-cus latihan speaking. Oh iya, soal kebersihan Bandros juga juarak! Bandros terjaga kebersihannya baik dari luar maupun dalam.

Satu hal yang perlu ditingkatkan adalah jumlah armada Bandros yang beroperasi. Saat itu armada yang beroperasi hanya dua buah. Jadi harus rela mengantri agak lama untuk bisa menikmati keliling kota Bandung. Udah sih itu saja. 

Bandros Biru


Bandros Kuning
Kalau kamu main ke Bandung, saya sarankan untuk naik Bandros ini. Tinggal duduk dan bercengkerama dengan keluarga, kamu bisa menikmati kota Bandung selama satu jam di dalam Bandros. Saya tunggu kamu untuk naik Bandros ini ya, gengs!
Arintya di Bandung!


Love,





Ps. Artikel ini merupakan bagian dari #ArintyaBandungJourney yang akan diterbitkan dalam tiga bagian. Untuk membaca bagian lainnya dari #ArintyaBandungJourney cukup klik link di sini. Thankyou~

You Might Also Like

21 komentar

  1. Saya org bdg tp udah 2 kali gagal naik bandros... Sedih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah perlu disempetin mba. Seru banget soalnya naik Bandros hehehe

      Delete
  2. Kok lucu bangeeet sih bandros nya ada biru dan kuning. Dulu pas jaman saya (berasa udah tua) masih merah aja warnanya. Seru emang apalagi waktu itu guide nya asik banget jelasinnya jadi pengen ketawa terus hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teteh pemandunya seru banget waktu saya ke sana. Jadi nggak ngantuk padahal belum tidur semaleman hehe

      Delete
  3. Kalau keliling 1 jam mah murah banget itu sepuluh ribu. Di Jakarta ada juga yg gratis tp singkat dan terakhir sy naik ndak ada pemandunya. Jadi kangen bandung :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya belum coba nih yang di Jakarta. Boleh nih kapan-kapan dicobain

      Delete
  4. wah, serunya! di Semarang juga ada nih bus wisata, gratis, tapi belum sempat nyobain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Semarang juga ada ya Mbak? Wah, terima kasih udah dikasih tahu, kapan-kapan mau cobain juga :)

      Delete
  5. Asik banget nih, waktu ke Bandung aku belum coba ini bandros. Lain kali kalau ke Bandung lagi pengen coba. Kalau aku di Jogja, naik trans Jogja untuk keliling..he

    Btw, salam kenal ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, lain kali kalau lagi di Bandung perlu cobain Bandros ini. Salam kenal juga ya :)

      Delete
  6. aduh, kalo kesana pas liburan gitu kira-kira dapet antrian gak ya. kayaknya seru banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya harus sabar antri mbak. Atau datang pagi sekalian, kayak saya kemarin. Jam 7 pagi udah standby di Taman Dewi Sartika hehe

      Delete
  7. murah juga ya 10rb utk perjalanan 1 jam, keep dulu ceritanya mana tau akan kebandung juga someday :)

    ReplyDelete
  8. aku mau juga ke bandung naik ini... di malang juga ada, kayanya gratis tapi durasinya enggak sampai satu jam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Malang juga ada ya? Siap, kapan-kapan kalau ke Malang mau cobai juga~

      Delete
  9. lumayan neh keliling bandung dari pada di rumah aja. hehehe

    ReplyDelete
  10. Wah lama juga ya satu jam keliling Bandung. Biayanya murah banget :p

    ReplyDelete
  11. Wah jadi kangen Banduuunggg. Terakhir ke sana nggak kebagian plus anak-anak rewel. Jadilah gatot hiks.. semoga ada waktu mudik lagi ke bandung.

    ReplyDelete
  12. Sejak dipimpin kang Emil, kota Bandung makin ciamik ajah.... Transportasi ini bikin ngiri masyarakat luar kota Bandung. Andai di Lamongan ada yg seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget mbak. Kota asal saya juga nggak ada yang beginian. Semoga kelak transportasi umum macam Bandros ini bisa ada ya

      Delete
  13. Tinggal dipinggiran Bandung coret aku merasa gagal karena belum pernah naik bandros mba hahaha...

    ternyata mursida cuman 10ribu dapat air lagi ya mba mayan pisan

    ReplyDelete

Halo! Jangan lupa tinggalkan komentar, siapa tahu kita bisa diskusi bersama. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. Thankyou :)

Subscribe