Tips Anti Norak Pertama Kali Naik Pesawat

08:28




Baru pertama kali naik pesawat? Ih, so old school banget nggak sih? Tapi memang inilah kenyataan yang saya alami baru-baru ini. Di pertengahan April 2018 kemarin, saya ditugaskan kantor untuk liputan ke Bali. Inilah momen pertama kali saya pergi sendirian. Literally sendiri. Naik pesawat pula! Satu hal yang ada di pikiran saya, bukannya takut nyasar dan ilang sewaktu nunggu di bandara, saya justru takut norak nih nanti pas di pesawat~

So, tulisan kali ini terinspirasi dari perjalanan perdana saya naik pesawat dari JOG-DPS. Mohon jangan di-bully ya. Siapa tahu ada seseorang di luar sana yang diam-diam ingin dikuatkan karena akan menghadapi perjalanan udara untuk pertama kalinya.


Tips Anti Norak 1: Banyakin riset tentang how to traveling with plane for beginner.

Tips yang satu ini cukup sukses untuk saya. Kurang lebih sebulan sebelum hari-H, saya udah mulai ceki-ceki Youtube untuk video tutorial naik pesawat bagi pemula. Iya, ternyata di Youtube segala sesuatu memang ada. Nggak hanya tutorial makeup aja, tapi yang macem begini juga buanyak di sana. Mulai dari video karya teman-teman lokal sampai karya teman-teman dari luar sana.

Di dalam video-video Youtube ini kamu akan disuguhkan tayangan dari sebelum masuk terminal keberangkatan bandara asal sampai nanti baggage claim di bandara tujuan. Langkah-langkahnya juga cukup jelas. Ya, paling tidak kamu bisa tahu apa yang musti dilakukan selepas tiba di bandara. Biar nggak kayak orang ilang di sana. Nih, saya berikan video terfavorit dengan konten untuk pemula yang cukup lengkap:


Tips Anti Norak 2: Kepoin akun Instagram @DJPU151 yang berisi informasi seputar bandara dan pesawat

Cuy, akun yang satu ini asli worth it banget untuk kamu kepoin sebelum berangkat. Kontennya nggak hanya berisi tentang bandara aja, tapi juga dari A-Z informasi seputar penerbangan pesawat di Indonesia. Dari kepoin akun ini saya juga dapet informasi barang-barang apa saja yang boleh masuk bagasi atau kabin. Info tentang checkin online juga saya dapatkan dari sini. Buat yang akan naik pesawat untuk pertama kalinya, cus kepoin akun yang satu ini. Psss, ini bukan promosi lho. Sayang aja kalau akun dengan konten yang cukup menarik ini kamu lewati.

Tips Anti Norak 3: Jangan malu bertanya sama teman yang udah pernah atau sering naik pesawat

Malu bertanya, sesat di jalan. Peribahasa tersebut meskipun udah kamu dengar sejak lama, tapi tetap relevan sampai sekarang. Salah satunya ketika kamu akan naik pesawat untuk pertama kalinya. Saya menggunakan peribahasa ini untuk banyak-banyak bertanya tentang gimana sih caranya tahu nomer kursi di pesawat? sampai hal super remeh seperti cuy, koper gue segede ini, enaknya masuk kabin atau bagasi ya?

Satu catatan yang perlu (banget) kamu ingat, bahwa kalau bertanya ke banyak orang, kamu akan dibuat makin bingung dengan banyaknya pendapat. Kalau saya sih bertanya pada beberapa teman saja. Jadi saya nggak begitu pusing untuk menyaring ingin mengikuti pendapat siapa.

Bertanya ke teman ternyata ampuh untuk menghilangkan serangan panik lho guys. Apalagi bagi orang macam saya yang gampang banget dipantik paniknya. Perkara mau checkin online atau checkin manual aja bisa bikin saya galau berhari-hari. So, tips yang satu ini selain murce juga worth it to try. Cuman turunin ego dan gengsi aja dikit karena dua hal itu yang kadang menghalangi seseorang untuk bertanya.

Tips Anti Norak 4: Hindari melakukan segala sesuatu pas mepet tenggat waktu. Lebih baik on time atau in time biar nggak buru-buru

Satu hal yang sebisa mungkin saya hindari: telat! Soalnya kalau udah telat, saya jadi panik. Kalau udah panik, saya biasanya nggak bisa mikir. Akhirnya nanti noraklah kelakuan saya karena melakukan sesuatu yang nggak didasari dengan pemikiran.

Mulai dari tiket pesawat saya udah wanti-wanti ke pihak penyelenggara dari jauh-jauh hari. Packing juga udah saya siapkan tiga hari sebelum berangkat. Pas di hari-H, saya menganut sistem 3-2-1 yang disarankan oleh pihak DJPU151. Tiba di bandara 3 jam sebelum jadwal pesawat berangkat, checkin atau antri masukin koper 2 jam sebelumnya, dan udah di ruang tunggu 1 jam sebelum pesawat cabut.

Mungkin 4 tips dulu dari saya. Soon kalau ada update-an lagi tentang pertama kali naik pesawat, bakal saya tambahi lagi tulisan ini. Semoga kamu yang diam-diam panik karena besok mau naik pesawat sendirian, bisa sedikit tenang.

Selamat menikmati sensasi take off dan landing untuk pertama kalinya ya! Jangan lupa berdoa dan bawa bacaan biar nggak suntuk pas di dalam pesawat~

Love,





Ps. Gambar utama diambil dari Unsplash.com

You Might Also Like

0 komentar

Halo! Jangan lupa tinggalkan komentar, siapa tahu kita bisa diskusi bersama. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. Thankyou :)

Subscribe