13 Jun 2017

Uji Kemampuan Menulis di 4 Website Ini. Berani Coba?

source: www.pexels.com

Dunia tulis menulis memang sedang naik daun saat ini. Apalagi didukung dengan fasilitas yang mempermudah para penulis baik pemula maupun yang sudah malang melintang untuk mem-publish karyanya.

Menulis nggak hanya yang nantinya akan dibukukan, lho! Kamu juga bisa menulis pada media-media yang lebih hype seperti sosial media atau blog. Namun, buat kamu yang ingin challenge dan meningkatkan kemampuan menulis, kamu bisa mencoba 4 website di bawah ini sebagai media untuk mempulish tulisanmu. Selain jangkauan pembaca yang lebih luas, tulisanmu juga bisa dikurasi oleh editor-editor tertentu. Dari sana kamu bisa belajar agar tulisanmu lebih mantap lagi.


Saya berikan list 4 website yang bisa kamu coba. Beberapa di antaranya memberikan sejumlah fee tertentu bagi tulisan yang berhasil terbit di laman mereka. Selain bisa meningkatkan kemampuan menulis, bisa nambah uang jajan 'kan lumayan juga.

1. HIPWEE.COM

"Media yang ada untuk menemani dan memperkaya hidup anak muda"

www.hipwee.com

Website yang dimulai sejak tahun 2014 ini melejit lewat tulisan-tulisannya yang "anak muda banget" dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Meskipun banyak yang bilang bahwa hipwee.com telah berubah karena menerbitkan artikel yang nggak berkualitas seperti dulu, namun masih ada beberapa konten yang patut kamu baca. Salah satu artikel yang paling mengena (menurut saya) adalah artikel tentang hubungan yang nggak menye-menye tapi tetap syahdu dirasakan.

Kamu bisa menulis di hipwee.com dengan bergabung menjadi contributor di dalamnya. Caranya, kamu hanya perlu login dengan akun facebook dan menuliskan karyamu di sana. Meskipun kontributor tidak mendapatkan fee, namun tulisanmu akan dibaca oleh jutaan anak muda yang telah menjadi pembaca setia website ini. Cus dicoba!

3. IDNTIMES.COM

"A Voice for Millenials and Gen-Z"

www.idntimes.com

Nah untuk kamu yang ingin mendapatkan fee dari tulisan, website ini bisa kamu coba. IDNTimes ini berisikan artikel-artikel pendek yang terdiri dari beberapa subpoin atau yang biasa disebut listicle. Kalau kamu tertarik, cara login-nya pun mudah. Kamu hanya perlu bergabung menjadi community writer untuk bisa turut menuliskan karyamu di sana. Sistem yang digunakan pada website ini adalah poin. Jadi semakin banyak poin, semakin banyak juga fee yang bisa kamu dapatkan. Widih, perlu dicoba nih!

3. ROCKING MAMA

"For smart and powerfull moms"

www.rockingmama.id

Buat kamu mama muda atau calon ibu atau udah ibu-ibu, website ini perlu kamu coba lho! Target pembaca dari Rockingmama ini mencakup mama muda hingga mama dewasa (maksudnya berumur sampai 40tahunan). Temanya pun seputar kehidupan rumah tangga, anak, hubungan dengan suami dan mommy thingy lainnya. Meskipun target pembacanya mama muda, namun siapa saja boleh menuliskan karyanya di sana. Saya kurang tahu sih apakah nulis ke Rockingmama bisa mendapatkan fee atau nggak. Kalau kamu penasaran, monggo dicoba ya~

4. BASABASI.CO

"Tempat kongkow dan bercerita"

www.basabasi.co

Untukmu yang nyastra abis, website ini sayang lho kamu lewatkan. Basabasi.co merupakan website yang berisi tentang puisi, cerpan, rehal buku (review buku), esai dan sederet produk nyastra lainnya. Kabar gembiranya adalah ketika tulisanmu lolos kurasi dan terbit pada laman basabasi.co, kamu bisa mendapatkan fee yang cukup lumayan, hehehe. Selain hasil tulisanmu diedit oleh editor yang nggak kalah nyastra, bisa dapet tambahan uang jajan 'kan nggak ada salahnya? Yuk dicoba!

Sekian 4 website yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kualitas menulismu. Beberapa di antaranya malah bisa menambah uang jajan sembari menuliskan karyamu di sana. Kalau kamu ada rekomendasi website lain, bisa lho berbagi di kolom komentar.


Selamat menulis ya!

26 Comments:

  1. Ada 10an lebih artikel di Rockingmama klo yg lain belum nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya justru yang di Rockingmama yang belum coba mbak :D

      Hapus
  2. dulu kupikir hipwee itu yang ngisi 1 orang aja. ternyata ada kontributornya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kita bisa jadi kontributor dan nulis di sana hihi

      Hapus
  3. Selama ini sering buka hipwee, tapi nggak tahu kalau kita pun bisa menulis di sana, he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kak nulis di sana. Aku udah beberapa kali nyoba ><

      Hapus
  4. Jadi mau coba yang basabasi.co..

    BalasHapus
  5. Waaaah, ternyata dari 4 website itu ada yang familiar banget dengan aku. Bisa enggak ya aku jadi contributor

    BalasHapus
  6. Web keren yah. Pernah nyoba di idn times.

    Tapi sekarang lebih suka apdet di blog sendiri biar konsisten ada postingan :D

    BalasHapus
  7. Saya sudah coba semuanya, tapi gak ada yang tembus, jadinya malas buat ngirim lagi

    BalasHapus
  8. Pengen nyobain website itu lah. makasih rekomendasinya mbak :D

    BalasHapus
  9. Aku belum pernah sama sekali menulis untuk 4 website itu, mba. JAdi pengen juga ya mencoba di IDNtimes dan Hipwee :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak dicoba. Sekalian latihan nulis hihi :D

      Hapus
  10. Kayaknya menarik nih Mbak basabasi.co, baru tahu :D
    Thanks for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, semoga bermanfaat hihi^^

      Hapus
  11. Semuanya pernah dengar, dan kadang baca-baca artikel yang di sana tapi belum pernah coba kirim tulisan. Kalau dapat ilham mugkin bisa dicoba 😆
    Terima kasih mbak udah berbagi 😊

    BalasHapus
  12. Saya di Ummi-Online, nggak dapat fee tapi ribuan pembacanya, terus suka di copas web lain dengan mencantumkan nama kita. Terus di Takaitu dapat fee. Yang disebutkan di atas belum pernah :) Btw, trims infonya Mbak, Basabasi pernah nyoba sekali nggak tembus hihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ummi-Online dan Takaitu saya juga belum pernah coba. Kapan-kapan nyoba di sana ah. Thankyou juga infonya mbak :)

      Hapus
  13. Selain 4 media di atas, ada beberapa media yang bisa kamu coba seperti, mojok.co, voxpop.id, minumkopi.com, pocer.co. Tanpa maksud nyombongin diri, beberapa tulisan saya pernah dimuat di sana. Ayooo nulis :)

    BalasHapus
  14. Wah saya baru tahu di IDNTimes dan Basabasi.co dapat fee. Makasi infonya Mba! wish me luck

    BalasHapus
  15. Wah terimakasih ya infonya.
    Boleh juga dicoba :)

    BalasHapus
  16. Ah, baru nulis di Hipwee karena saya peribadi suka tulisan yang tentang hubungan sendu sendu gimana gitu :D

    BalasHapus
  17. kak kalo buat nulis di voxpop itu masa tunggu buat tulisan kita bisa di acc berapa lama ya

    BalasHapus

  18. Hurry up and join SAGATOTO and you will definitely get a lot of money and be proud to play hereSAGATOTO

    BalasHapus

Halo! Jangan lupa tinggalkan komentar, siapa tahu kita bisa diskusi bersama. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. Thankyou :)