Tebing Breksi - Wisata Alam Motif Alami

Tebing Breksi - Wisata Alam Motif Alami

11:46

Tebing Breksi - Yogyakarta


Libur akhir tahun ini memang sedikit nggak asik. Gimana nggak? Hari Natal dan Tahun Baru semuanya jatuh pada hari Minggu. Which means mengurangi jatah liburan karena memang sudah seharusnya libur. Ingin pengajukan cuti pun nanggung, karena besoknya udah masuk kerja atau sekolah.

Well, untuk menyiasati libur akhir tahun yang kurang asik tersebut, kamu harus pintar-pintar mengatur waktu dan cermat dalam memilih destinasi wisata bareng keluarga. Nggak mau dong, libur akhir tahun yang sedikit ini malah dirusak akibat salah memilih tempat wisata?


Here we go, saya ada satu saran destinasi wisata yang wajib kamu cobain untuk menutup akhir tahun 2016 ini. 


Tebing Breksi. 


Bagi yang belum tahu mengenai destinasi wisata yang satu ini, berikut ulasan saya mengenai salah satu objek wisata yang menyimpan banyak spot untuk menyegarkan pikiran sekaligus memanjakan mata tersebut.

Peta lokasi Tebing Breksi bisa kamu lihat di bawah ini!




SEJARAH
Tebing Breksi ini awalnya adalah lokasi penambangan batu kapur. Namun setelah lama ditinggalkan, masyarakat mulai menyadari adanya keunikan dari pola batuan yang ada di sana. Akhirnya pada tahun 2015 telah ditetapkan sebagai salah satu Cagar Budaya oleh Sultan Hamengkubuwono X. Kemudian kawasan bekas tambang tersebut dapat dikunjungi sebagai tempat wisata.

LOKASI
Lokasinya berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya terletak di Jalan Candi Ijo Km 1.5 Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Kalau dari Candi Prambanan, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Lain lagi kalau kamu dari pusat Kota Jogja ya, mungkin akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam. Tergantung dari arus lalu lintas.
Untuk akses jalan, meskipun sudah dilakukan perbaikan, namun tetap saja ada beberapa bagian jalan yang bergelombang dan sedikit berlubang. Namun, over all, jalan sudah layak dilewati. Sedikit tip apabila ingin berkunjung ke sana adalah pastikan kamu sudah pro untuk mengendarai kendaraan ya. Baik roda dua maupun roda empat. Karena di sepanjang jalan terdapat tikungan tajam dan beberapa tanjakan yang cukup curam.

BIAYA MASUK
Untuk dapat menikmati pemandangan indahnya Bukit Breksi ini, kamu cukup membayar biaya parkir sesuai dengan kendaraan yang kamu pakai. Rentang harga untuk parkir ini bervariasi, dari 2 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah. Nah, lain lagi soal retribusi untuk per orangan guys! Kamu cukup membayar seikhlasnya untuk berapapun jumlah wisatawan yang akan masuk ke lokasi. Jadi, cukup terjangkau untuk kamu kawula muda yang lagi nyari tempat liburan di akhir tahun.
Karcis Parkir Tebing Breksi - Dok. Pribadi


LOKASI WISATA
Tebing Breksi ini terdiri dari 3 spot yang cukup worth it untuk dikunjungi. Yang pertama ada taman lingkaran dengan bangku duduk yang mengitarinya. Lokasi taman ini ada di depat lapangan parkir, sehingga begitu kamu sampai di Tebing Breksi, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan taman berbentuk lingkaran yang penuh dengan rerumputan hijau. Taman ini mempunyai background dinding batuan breksi sehingga cocok untuk kamu yang hobi foto.
Tampak dari Atas Bukit - Dok. Pribadi

Tampak Samping - Dok, Pribadi



Yang kedua adalah ukiran berbentuk Ular. Ukiran ini terdapat pada sebuah batuan besar yang letaknya nggak jauh dari taman lingkaran. Ukiran ular ini sangat ramai dengan pengunjung yang ingin berfoto dengan latar ukiran ular yang besarnya nggak kira-kira itu. Oh iya, sedikit tip saat kamu akan berfoto di spot ini. Kamu harus hati-hati dan sabar mengantri!
Tebing dengan Ukiran Ular - Dok. Pribadi


Yang ketiga adalah bukit. Nah setelah kamu mengitari dinding dengan ukiran ular tersebut, kamu bisa naik melalui tangga batu yang telah disediakan untuk menikmati suasana yang lebih sejuk dari Tebing Breksi ini. Di sana, kamu bisa melihat pemandangan hijau di sekitar tebing yang bikin sejuk di hati. Selain itu kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dan Candi Ijo dari atas sana.


KEBERSIHAN
Untuk masalah kebersihan, bisa saya acungi jempol. Mengingat saya jarang meihat adanya sampah di sepanjang Tebing Breksi. Pihak pengelola wisata juga telah menyediakan banyak keranjang sampah yang tersebar di berbagai lokasi. Yuk tinggalkan kenangan aja, sampahnya jangan!

PARKIR
Lokasi parkir dipisah antara kendaraan roda dua, roda empat maupun kendaraan wisata seperti bus atau travel. Di beberapa spot parkir masih belum rata dan sedikit berbatu. Tapi tenang, di sana terdapat petugas parkir yang siap sedia membantu apabila kamu kesulitan dalam mendapatkan spot parkir.

KEKURANGAN
Selama saya berwisata ke sana beberapa hari yang lalu, saya mengamati adanya beberapa kekurangan yang mungkin luput dari pengamatan. Tidak bermaksud untuk apa-apa, hanya berpendapat sebagai salah satu penikmat wisata.

Yang pertama tidak adanya papan informasi. Jadi begitu kamu datang ke sana, langsung disuguhkan pemandangan Tebing Breksi. Banyak di antaranya yang langsung foto-foto tanpa mengetahui asal muasal dan informasi terkait dengan Tebing Breksi tersebut. Pada saat saya ke sana, signal dari beberapa provider memang tidak ada, sehingga membuat saya harus menunggu sampai agak ke kota untuk bisa googling mengenai Tebing Breksi tersebut. Alangkah lebih bagusnya apabila ditambahkan papan informasi untuk pengunjung sehingga pengunjung tidak hanya disuguhkan pemandangan saja, melainkan juga informasi yang dapat menambah pengetahuan.

Yang kedua adalah petunjuk jalan untuk memulai berwisata di Tebing Breksi. Hal ini berbeda dengan petunjuk pintu masuk ya, karena di sepanjang jalan menuju lokasi sudah banyak. Maksud aya petunjuk jalan untuk memulai wisata adalah petunjuk dari ukiran ular menuju ke tangga. Karena kemarin saya sempat melihat ada beberapa pengunjung yang measih melewati pinggiran dinding yang cukup berbahaya.
Dok. Pribadi


Jadi, masih ragu untuk berkunjung ke Tebing Breksi?

Ayo ke Tebing Breksi, kamu akan disuguhkan betapa eloknya batuan dengan motif yang alami!

Love,



You Might Also Like

7 komentar

  1. Noted jadi tempat wisata berikutnya hehe thanks for sharing yaaa

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  2. Tambah bagus sekarang, semoga dikelola dengan baik

    ReplyDelete
  3. Baru kali ini aku dengar Tebing Breksi inilah...cakep banget yak...ruar biasa viewnya :)

    ReplyDelete
  4. Yang di tangga itu ya spot yang paling keren. Bayar tiketnya juga cukup murah ya...

    ReplyDelete
  5. Makin banyak aja tempat wisata baru di sekitaran Yogya ya mabk?
    Itu ukiran ularnya kece banget.
    Moga2 emang makin banyk papan informasi atau brosur yg cerita ttg asal usul tebing ini ya mbak.

    ReplyDelete

INSTAGRAM