Sherlock London vs Sherlock New York. Mana yang Lebih Menarik?

15:00


Beberapa waktu yang lalu, saya sempat memposting sebuah artikel tentang "Kenapa Sih Suka SamaSherlock?". Setelah sekian lama udah nggak update sesuatu yang berbau Sherlock, apalagi setelah Sherlock BBC Season 4 rilis, kini saatnya saya bahas lagi tentang sosok menyebalkan yang satu ini.

Selain dalam buku dan film, udah tahu ‘kan ya bahwa sosok sociopath ini juga diadaptasi menjadi serial TV? Nah, ada dua serial TV yang cukup terkenal, dimana Sherlock menjadi tokoh utamanya. Sherlock BBC yang mengambil setting kota London dan Sherlock Elementary yang ber-setting di kota New York. Meski sama-sama serial Sherlock, keduanya memiliki ciri khas yang cukup menarik untuk dinikmati. Mulai dari segi jalan cerita sampai pemain-pemainnya, yuk disimak bersama! Siapa tahu kamu belum melihat salah satu dari kedua serial tersebut.

Dari segi jalan cerita
Serial televisi Sherlock di BBC ini jalan cerita dan alurnya mirip dengan kisah-kisah yang ada di buku. Tentu saja Sherlock versi BBC ini telah dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa masuk dan lebih menarik perhatian. Jalan ceritanyanya dinamis dan ada beberapa bagian yang nggak ketebak. Isi kisah-kisahnya juga tetap membuat kita berpikir sejenak namun tetap fun dan sama sekali nggak boring. Banyak ilmu pengetahuan (science sih rata-rata) yang disisipkan oleh penulis scenario di dalamnya. Thanks Mark Gatis and partner! I do enjoy this creatures sooo much! Sedikit bocoran, Sherlock pada serial ini digambarkan sebagai seorang consulting detective yang sociopath. Di mana ia nggak tahan sama sekali jika sehari aja nggak menangani sebuah kasus. Dan dia ditemani seorang dokter sekaligus blogger, Watson dalam kesehariannya.

Lain halnya dengan Sherlock versi CBS yang berlatar belakang kota New York. Jalan ceritanya hampir 75% dirombak total. Penonton tetap disuguhkan Sherlock dan dunia detektifnya, namun aka nada taste yang berbeda dari setiap kisah-kisah di dalamnya. Menurut saya jalan ceritanya nggak se-fun serial versi BBC, tapi saya selalu suka kejutan-kejutan kecil di luar jalan cerita yang (kadang) lebih menarik. Sherlock pada serial ini dikisahkan sebagai consulting detective yang merupakan mantan pengguna narkoba. Dalam masa penyembuhannya dari narkoba, ia harus ditemani oleh seorang sober companion bernama Watson. Eh, mereka berdua malah menjadi partner dalam menangani kasus-kasus bersama NYPD.

Dari segi pemain
Menurut saya salah satu aspek yang membuat serial Sherlock Holmes ini menarik adalah para pemainnya. Baik versi London atau New York, keduanya didukung oleh kualitas pemain yang ciamik abiz!

Sherlock BBC dimainkan oleh aktor dan artis yang mungkin nggak asing lagi. Ada Benedict Cumberbatch sebagai Sherlock, Mark Gatis sebagai Mycroft (he’s ma fav!), Martin Freeman sebagai John Watson dan Andrew Scott sebagai the luvey duvey Moriarty. Sebenarnya masih banyak lagi pemainnya, namun keempat aktor tersebut yang paling menarik perhatiannya. Oh iya, pemeran Mycroft juga menjadi salah satu penulis scenario serial TV ini lho! Mantap nggak tuh?

Kalau Sherlock versi CBS lain lagi. Kamu akan dibuat terkaget dan tak berdaya (apa sih!) dengan pemain sekaligus karakter di dalamnya. Jika karakter pada Sherlock versi BBC lurus-lurus aja alias sesuai dengan kisah di bukunya, Sherlock versi ini lain lagi! Kamu akan dibuat kaget dengan pemeran J. Watson dan Moriarty! Jika umumnya Watson dan Moriarty adalah laki-laki, di serial ini kamu akan diajak menikmati kedua karakter tersebut sebagai sosok perempuan. Pertamanya agak aneh dan nggak nyambung sih, tapi setelah masuk ke beberapa episode, kamu bakalan fine-fine aja dengan permainan twist karakter itu. Oh iya, Sherlock di serial CBS ini diperankan oleh Johny Le Miller. Di mana di kesehariannya, dia adalah sahabat dekat dari Benedict Cumberbatch. Sedangkan Dr. Watson diperankan oleh Lucy Liu (and for God’s sakes! Twist-nya nyasar ke permainan ras juga~).

Dari segi setting atau latar kota
Seperti yang telah saya sebutkan di atas, setting tempat pada kedua serial televisi berbeda. Serial Sherlock versi BBC menggunakan setting kota London. Sedangkan versi CBS menggunakan setting kota New York.

Sherlock dengan setting London menggunakan spot-spot yang hampir seperti apa yang ada dalam bukunya. Rumah Sherlock di Baker Street, Waterloo Station sampai St. Bartolomew. Sherlock yang seri ini menurut saya lebih greget sih. Soalnya hawa kota Kota London itu aja udah Sherlock banget!

Sedangkan Sherlock yang seri CBS itu New York abis. Kebanyakan shootingnya di Brownstone sebagai tempat tinggal Sherlock. Suasana New York memang nggak kalah oke dengan London, namun ada aja yang kurang dari sleepless city yang satu ini. Rasanya sedikit aneh aja lihat Sherlock berkeliaran di kota New York. For me, I dun have any special feeling abt this city. Hhuhu sorry~

Dari segi kasus-kasus yang dipecahkan
Meski sama-sama mengisahkan tentang detektif, tapi kedua serial Sherlock ini punya ciri khas masing-masing pada setiap kasus yang dipecahkan.

Sherlock versi BBC hampir seluruh kasusnya merupakan pengembangan dari kasus yang ada di dalam bukunya. Pengembangan kasus tersebut masuk akal banget dan menyenangkan untuk diikuti. Namun saya agak nggak masuk dengan kasus yang ada di season terakhirnya. Agak nggak masuk aja kalau ternyata ada another Holmes di kisahnya.
Sedangkan untuk Sherlock versi CBS lebih didominasi dengan kasus-kasus kriminal. Beberapa di antaranya masih ada yang berhubungan dengan kisah di dalam buku, namun tetap dimodifikasi. Menurut saya, kasus-kasusnya agak membosankan sih. Sebab semua kasusnya bunuh-bunuhan doang. Serial ini menurut saya hanya berani bermain di motif pembunuhan aja. Mungkin biar nyambung dengan hadirnya instansi NYPD di dalamnya kali ya?

Kesimpulan
Dilihat dari jalan cerita, pemain, setting, serta kasus yang dipecahkan, saya dengan mantap akan memilih Sherlock Holmes versi BBC. Ya walaupun saya harus mengelus dada aja karena waktu yang dibutuhkan untuk menunggu season terbaru rilis adalah 2 sampai 3 tahun. Berbeda dengan Sherlock versi CBS yang kini udah masuk season 5 dan hampir tiap tahun tayang :(

Kalau udah cinta, mau nunggu selama apapun juga ayuk aja. Hhhh

Nih, buat kamu yang masih belum ngena sama tulisan di atas. Secara khusus saya buatkan infografik ala-ala. Semoga berkenan dengan editan yang seadanya ini ya~

Kalau menurutmu lebih menarik Sherlock versi mana nih? Sherlock yang di London atau yang di New York?

Love,






Kredit gambar: www.pexels.com

You Might Also Like

6 komentar

  1. Duh, kumau donlot atau nonton streaming yang Seherlock CBS. Penasaran. So far, Bennedict juara sih kalo dibandingkan sama pemeran Sherlock secara keseluruhan (Robert Downey, dan Ian McCullen).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu.
      BenCum memang juara kalo meranin Sherlock~

      Delete
  2. kalo aku lebih suka versi bbc... lebih ngena karena kebetulan aku udah baca semua novelnya jadi lbh klop sama yg bbc.. dan kebetulan aku juga sukak banget sama benedict :D

    racunmaniscantik.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak!
      Saya juga udah terlanjur kepincut sama versi BBC ><

      Delete
  3. Hahaha dulu sempat kepikiran nyobain Elementary. Kepikiran aja lho. Tapi somehow feeling bakal mirip serial CSI dan antek2nya. Maklum lah. Amiriki hehe. Kesayanganku tetep versi BBC. Secara aku fans berat bukunya. Jadi malah kzl kalau semakin beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak. Versi BBC emang lebih Sherlock^^

      Delete

Halo! Jangan lupa tinggalkan komentar, siapa tahu kita bisa diskusi bersama. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. Thankyou :)

Subscribe