Yuk ke Stonehenge Merapi!

19.01



Halo halo!

Udah lama banget ya saya nggak posting tentang tempat wisata. Maklum, saya termasuk orang yang mageran dan pemilih dalam hal wisata.

Nah, bertepatan dengan momen Lebaran kemarin, saya iseng jalan-jalan ke daerah Kaliurang. Berbekal googling sana-sini dan sinyal GPS yang lumayan, lalu berangkatlah saya ke salah satu obyek wisata yang lagi hits di daerah kaki Gunung Merapi ini.
Obyek wisata ini namanya Stonehenge Merapi. Semacam situs purbakala buatan yang mirip dengan Stonghenge yang ada di Wiltshire, Inggris. Meskipun buatan, tapi pemandangan yang disajikan nggak kalah bagus lho! Ditambah lagi udara kaki Gunung Merapi kan sejuk-sejuk menyegarkan gitu.

LOKASI

Untuk menuju ke sana perjalanan yang ditempuh lumayan panjang. Dari Jalan Kaliurang terus naik sampai kilometer atas, lalu belok kanan (ada plang bertuliskan Desa Wisata Petung), lurus terus, sampai melewati pos mobil-mobil jip dan jalanan terjal bebatuan. Kalau udah melewati semacam gerbang nan megah bertuliskan The Lost World, udah deh, tinggal kurang lebih 50 meter akan sampai di Stonehenge yang terletak di kiri jalan ini. Atau kalau mau gampang, pakai aja aplikasi Gmaps dengan kata kunci: Stonehenge Merapi.
Kalo udah lewat ini, berarti bentar lagi sampe!

STONEHENGE MERAPI

Obyek wisata ini nggak terlalu besar. Mungkin hanya butuh waktu 10 menit untuk mengitari bebatuan yang disusun sedemikian rupa ini. Tiket masuknya lumayan murah, hanya 10 ribu rupiah untuk dewasa. Sementara bayi dan balita tidak dikenai biaya. Untuk parkir mobil memang tidak terlalu luas, tapi sewaktu saya ke sana masih bisa muat hingga kurang lebih 10 mobil. Tarif parkir hanya 5 ribu untuk mobil dan motor 2 ribu rupiah.  
Harga tiket masuk
Jalan setapak menuju Stonehenge


FASILITAS PENDUKUNG

Selain parkir ternyata lumayan lengkap lho fasilitas pendukung obyek wisata ini. Ada kamar mandi, beberapa kios penjual makanan, dan yang paling penting menurut saya adalah papan informasi! Jadi selama berwisata ke sana, kita nggak sekedar foto-foto aja, tapi bisa sekalian menambah sedikit pengetahuan.
Ada papan informasinya!


REKOMENDASI

Menurut pengalaman saya, hampir minim sekali kekurangan. Tapi kalau boleh saran, sebaiknya area parkir lebih diperlebar agar lebih nyaman. Selain itu jika tema-teman ingin berkunjung ke sana, sebaiknya menggunakan kendaraan dengan roda besar, mengingat jalurnya biasa digunakan untuk Lava Tour yang identik dengan mobil 4 WD.  Sedikit saran (lagi, hahaha), paling enak mengunjungi Stonehenge di pagi hari atau sore sekalian. Mengingat kalau siang, mataharinya terlalu terik hingga membuat silau dan sering backlight kalau mau foto-foto.
Bonus foto - Sama keponakan!
Selamat berwisata! Ternyata tempat wisata yang mengandung unsur bebatuan, nggak hanya Tebing Breksi lho di Yogyakarta. Stonghenge ini salah satunya. 

Love,



You Might Also Like

9 komentar

  1. Sayang banget foto Stonehedge yang ditampilkan dikit mbak.. jadinya kita masih kurang informasi visual nih

    BalasHapus
  2. Aaak bagusss buat poto" ini mbaaak. . Berasa di stonhenge inggris. Wkwkwk nice sharing mbaak. Salam kenaal yaa 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ala-ala mbak, tapi lumayan lah~. Yuk ke sini :D

      Hapus
  3. sering ke kaliurang tapi kok nggak tahu tempat ini ya mbak...ya ampuunnn kudet banget saiah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini baru-baru aja aja dibuka kok mbak hihi :3

      Hapus
  4. Cakeeeeep... bakalan mampir ke sana deh kalo ntar ke Jogja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mbak, kalo main ke Jogja main ke sini :3

      Hapus
  5. btw ini wisata baru d jogja atau gimana? jarang terekspose soalnya.

    BalasHapus

Subscribe