Blogger Pemula Belajar SEO

08:35

Sama Blogger Perempuan nih!

Hai guys!

Akhir-akhir ini saya lagi banyak banget ide tentang #Blogging101. Nggak kayak biasanya yang selalu cetek ide hehehe. Oh iya, kebetulan pada hari Minggu tanggal 12 November 2017 yang lalu saya berkesempatan untuk belajar bareng Blogger Perempuan nih. Rasanya jangan ditanya lagi. Sueneng sekali, karena saya udah menanti event Blog Coaching Clinic dari BP ini sejak lama.


Nah, oleh-oleh dari event Blog Coaching Clinic bareng Blogger Perempuan kemarin adalah postingan ini. Saya akan berbagi mengenai salah satu hal yang diberikan Mbak Shintaries dan Mbak Almazia selaku pemateri. Yap, apalagi kalau bukan SEO (Searh Engine Optimization) yang selama ini seakan menjadi momok buat saya yang masih awam tentang teknologi blogging ini.

Kamu pasti udah tahu ‘kan, salah satu upaya untuk membuat blog kita semakin kece dan muncul di halaman pertama pencarian Google adalah dengan menggunakan teknik SEO ini. Dulu, sebelum sedikit tahu tentang SEO, saya membayangkan akan dihadapkan dengan sejumlah kode-kode HTML yang ribet. Duh, baru dibayangin aja udah pusing duluan!

And how lucky I am! Berkesempatan belajar langsung dengan punggawa dari Blogger Perempuan sekaligus praktisi dunia blogging. Wawasan saya langsung makces, terbuka. Rasanya kayak membuka gorden di pagi hari dengan sinar mentari yang masuk. Langsung cerah!

Ternyata, mempelajari SEO itu nggak serumit yang saya bayangkan dulu. Belajar dan mempraktikkan SEO secara langsung di blog kita ternyata tinggal klik-klik, ketik, dan save! Hehehe tapi tentu saja harus ada beberapa step yang perlu diikuti. Yuk ah, tanpa panjang lebar, kita intip bersama oleh-oleh dari event kemarin!

Pertama, tema blog yang digunakan sebaiknya yang sudah SEO friendly

Yap, betul banget. Tema atau template blog disarankan menggunakan yang sudah mendukung untuk SEO friendly. Tema-tema tersebut sekarang sudah mulai mudah didapatkan. Mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar, semuanya ada! Tinggal pilih aja mana yang sesuai dengan kebutuhan dan selera kita.

Kedua, judul tulisan sebaiknya jangan yang pasaran dan wajib mengandung keyword tertentu

Saya juga baru tahu kalau judul itu perlu disisipi keyword tertentu. Dulu, saya justru tahunya keyword itu disisipkan pada paragraf pertama saja. Eh, ternyata saya kurang lengkap infonya! Nah, untuk mengetahui keyword yang oke ini kamu bisa mencarinya di www.keyword.io. Setelah keyword didapatkan, kamu perlu mengolahnya agar menjadi judul yang tepat.

Contohnya judul artikel ini. Saya berhasil menemukan keyword yaitu belajar SEO. Nah, kemudian saya menambahkan blogger pemula di bagian awal karena banyak para blogger pemula yang membutuhkan informasi tentang SEO ini. Jadi, untuk perihal judul, kamu harus pintar-pintar memadupadankan kata-kata dan keyword ya!

Ketiga, jangan lupa berikan internal dan eksternal link. Biar blog kita saling terkait!

Internal link maksudnya adalah link-link menuju blog kita sendiri. Sedangkan eksternal link maksudnya dikaitkan ke website-website yang udah memiliki authority tinggi. Misalnya: ditautkan ke hipwee atau yang lainnya. Tujuan dari pemberian link ini adalah agar blog kita terkait dengan website-website yang udah oke itu. Jadi blog kita juga secara tidak langsung akan turut terkatrol dari segi authority-nya.


Keempat, jangan lupa sesuaikan nama gambar yang diunggah dengan judul artikel yang diunggah

Dulu saya berpikir mengganti nama gambar yang digunakan sebagai feature image nggak penting-penting amat. Malah cenderung merepotkan. Namun ternyata nama gambar tersebut turut mempengaruhi posisi artikel kita di mesin pencari Google. Sebab Google (khususnya Google Image) akan menyaring gambar menurut kata kunci yang diketikkan. Jadi secara otomatis, Google akan menampilkan ‘belajar SEO’ terlebih dahulu daripada IMG_XXX yang biasanya jadi default penamaan di gambar atau foto.

Kalau boleh saya rangkumkan, teknik belajar SEO untuk blogger pemula seperti saya ini terdiri dari 4 tahap. Kamu bisa melihatnya di infografik di bawah ini untuk ringkasannya.

Belajar SEO untuk pemula
Gimana nih guys? Ternyata belajar SEO di blog itu nggak serumit yang dibayangkan. Mungkin kalau kamu ada tambahan mengenai belajar SEO untuk blogger pemula, kamu bisa berbagi dengan teman-teman yang lain via kolom komentar.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu ya! Jangan lupa untuk belajar dan terus berkarya~


Love,



You Might Also Like

22 komentar

  1. Makasih mbak sudah diingatkan, aku sering lupa ganti judul imagenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba. Aku juga dulu sering lupa buat ganti judul image-nya :D

      Delete
  2. Yassssh, bermanfaat bgt ini #BLOG101 nya tentang optimalisasi SEO buat blogger kemarin sore kaya aku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Zahwa! Sama nih akujuga anak kemarin sore. Masih piyik :D

      Delete
  3. Aku udah praktekkan SEO tetapi kenapa postingan blog aku nggak muncul di halaman 1 ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada pengaruh ke authority kali ya mba. Yang DA/PA-nya tinggi bakalan menggeser blog yang masih rendah. Saya pun juga begitu mba, belum muncul di halaman pertama :(

      Delete
  4. Soal image, judul dan backlink masih sering terlewat. Hiks.
    Baca postingan ini serasa disentil. Harus belajar lebih giat lagi tentang SEO nih. Bukan hanya belajar ding, tapi praktek, praktek dan praktek hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah saya pun juga masih sering kelupaan yang image itu :')))

      Delete
  5. Noted! Makasih banget ya mbak sharenya. Masih banyak yg belum aku lakuin nih. Pengen ngecoba.

    ReplyDelete
  6. Noted! Makasih banget ya mbak sharenya. Masih banyak yg belum aku lakuin nih. Pengen ngecoba.

    ReplyDelete
  7. Bermanfaat banget nih ilmunya!

    Terima kasih sudah berbagi dengan bahasa yang mudah dimengerti.

    ReplyDelete
  8. Waaah makasii ilmunya. Saya juga awalnya ngerasa SEO susah dipelajari. Tapi kalau udah ketemu guru yg tepat, mudah juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, awalnya dulu pusing banget sama SEO ini

      Delete
  9. Wah, baru tahu tentang external link. Biasanya cuma beberapa tambahkan external link karena paid post atau content placement doang.
    Btw, saya suka sama desain grafis blog ini. Baik infografis, logo blog, dan semua hal visual di dalamnya. Keep creative ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa, terima kasih mba. Keep creative!^^

      Delete
  10. Kayaknya kok simpel ya...coba ah hehe... Salam kenal dr Blogger pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal dari saya blogger pemula juga mba :)

      Delete
  11. Kalau kita jalankan semua tipsnya pasti mudah ya Mbak, makasih infonya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, ternyata nggak terlalu ribet ternyata.

      Sama-sama ya mba^^

      Delete
  12. Gampang-gampang susah SEO itu buat saya, Mbak. Apalagi bagi pemula, hehehe

    ReplyDelete

Halo! Jangan lupa tinggalkan komentar, siapa tahu kita bisa diskusi bersama. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. Thankyou :)

Subscribe