4 Website Penyedia Gambar Kualitas HD Gratis. Biar Blogmu Makin Manis #Blogging101

09:16


Assalamualaikum!

Setelah sekian lama nggak ngepost tentang hal-hal yang berbau blogging, akhirnya kini saatnya saya berbagi sedikit pengetahuan tentang dunia blog ini.


Berbicara tentang blog, rasanya kurang greget ya kalau tiap postingan blog nggak dilengkapi dengan gambar atau foto ciamik? Menurut saya sendiri, visualisasi atau gambar di dalam postingan blog ini turut berpengaruh pada menarik atau tidaknya tulisan. Jadilah banyak blogger yang berlomba-lomba untuk tampil prima dengan hasil jepretan gambarnya. Lalu bagaimana dengan blogger yang tak punya alat jepret yang mumpuni laiknya fotografer yang hasilnya bokeh-bokeh itu?

Eits, tenang. Masih ada teknologi keran bernama ponsel pintar. Di saat ini, kamera yang ada di ponsel pintar udah pada canggih-canggih. Hasilnya nggak kalah bokeh dan oke(h) dibandingkan alat jepret yang udah pro itu. Selama ngeblog yang hampir setahun ini, saya juga mengandalkan hasil dari jepretan ponsel pintar yang rada jadul ini.

Namun bagaimana jika nggak ada alat jepret yang mumpuni lagi? Problema nggak punya stok gambar oke buat postingan  blog ini kerap buat saya terpaksa menunda publish postingan di blog. Nggak jarang banyak yang lupa dipublish saking lamanya hehehe. 

Baca juga: 4 Fonts Pack Lucu yang Buat Blogmu Makin Unyu

Permasalah itu seakan sirna saat saya bergabung menjadi salah satu penulis di sebuah startup digital media. Ternyata eh ternyata, ada website khusus yang menyediakan gambar kualitas HD dengan gratis…tis…tis dan tanpa harus daftar jadi member.  Syaratnya hanya satu: jangan lupa cantumkan sumber gambar atau minimal link ke gambar yang diunduh itu. Mudah sekali bukan?

Nah, berikut saya bagikan empat website yang biasanya menjadi rumah saya ketika mencari gambar-gambar untuk mempercantik tampilan postingan blog. Penasaran? Yuk disimak!

Pertama kali dibuat cinta sama Unsplash
www.unsplash.com

Unsplash merupakan salah satu website penyedia gambar HD favorit saya. Selain tidak dipungut biaya (terima kaish para kreato hebat di dalamnya!), jenisnya juga banyak banget! Mau gambar alat-alat kantor hingga rumah tangga, ekspresi sedih hingga senang, atau bahkan yang random sekalian, semua ada. Di Unsplash ini kamu juga bisa mengetahui nama-nama fotografer yang bersedia berbagi hasil jepretan mereka secara cuma-cuma. Website ini punya satu kelemahan sih, yaitu ukuran gambarnya guide-guede banget. Jadi sebelum dipinjam untuk mempercantik postingan di blog, harus dikompres dulu biar nggak menuh-menuhin memori hehehe.

Cinta kedua saya ada tertambat pada Pexels
www.pexels.com

Kalau lagi malas mengompres ukuran gambar, saya biasanya langsung menuju ke Pexels ini. Di sana koleksi gambar-gambarnya nggak kalah oke dan variatif. Namun di Pexels tidak diterakan siapa fotografer dari setiap gambar. Jadi nggak bisa berkenalan atau mencantumkan namanya di bagian kredit picture saat digunakan di postingan blog. Satu hal yang buat saya menjatuhkan pilihan kedua pada Pexels adalah di dalamnya terdapat beberapa pilihan ukuran sesuai keinginan kita. Ada yang maximum large, hingga small. Kalau saya sih biasanya mengunduh yang large aja, pikselnya berkisar 1000x700-an ukurannya pun sekitar 200-500ankb. Pas banget untuk ukuran gambar di postingan blog.

Cinta ketiga saya jatuh kepada Stocksnap
stocksnap.io

Awalnya saya nggak sengaja menemukan website ini. Memang sih, koleksi gambarnya kalah jauh dibandingkan dua website di atas, namun ada satu hal yang buat saya nggak bisa berpaling dari Stocksnap. Penamaan setiap gambar yang diunduh ini dibuat khusus, sehingga memudahkan kita saat lupa akan link tempat gambar berapa. Misalnya saya mengunduh gambar dengan nama Stocksnap_84QUVIA0DF. Maka jika ingin memberikan backlink ke halaman asli, kita tinggal mengopi nomor seri di bagian belakang saja. Jadi untuk penamaan tersebut link-nya adalah: stocksnap.io/photo/84QUVIA0DF. Nggak ada alasan lagi deh untuk lupa memberikan credit lewat backlink karena tab yang ketutup.

Terakhir, saya melabuhkan pada Pixabay
www.pixabay.com

Saya menemukan website ini gara-gara membaca artikel Hipwee yang terdahulu. Koleksi gambarnya cukup banyak dan bervariasi. Ada satu kesan yang saya temukan dari koleksi gambar di Pixabay: vintage! Hampir semua gambar di semua kategori mengandung unsur vintage di dalamnya. Pas banget jika digunakan untuk mempercantik tulisan yang ada kesan vintage-vintage-nya gitu.

Nah, sekian #Blogging101 dari blog ini. Semoga bermanfaat dan menambah semangat teman-teman untuk menulis lagi. Saya berpesan jangan lupa untuk memberikan kredit pada setiap gambar yang diunduh ya. Boleh menuliskan lengkap hingga nama fotografernya atau link lengkap menuju gambar yang diunduh. Biar sama-sama saling menghargai antar creator di dunia maya juga~

Jadi yang mana nih website penyedia gambar favoritmu selama ini? Atau ada website lain juga? Yuk sama-sama berbagi di sini~

Credit pict: www.unsplash.com


Love,

You Might Also Like

6 komentar

  1. Makasih, tya :)
    Aku bookmark langsung heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa, terima kasih udah mampir ke sini ya

      Delete
  2. Astaga, ini mbak arintya yang ketemu pas di acara blogger perempuan kemaren kan yah? Wah ketemu in person coba, senangnya :)
    Salam kenal ya mbak ^^
    Dan thank you sharing website penyedia photo nya mbak, langsung meluncur :) hhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Ayurifa^^

      Terima kasih udah mampir yaaa hihi. Aku juga mau mampir ke blog kamu ah~

      Delete
  3. Noted deh! Makasih sharingnya. Sangat bermnafaat. Mau ngunjungi keempat website itu :))

    ReplyDelete

Halo! Jangan lupa tinggalkan komentar, siapa tahu kita bisa diskusi bersama. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. Thankyou :)

Subscribe