Cobain Tiktok Ads Modal 200 Ribu

Cobain Tiktok ads

Gimana rasanya cobain Tiktok Ads modal 200 ribu?

Tahun ini, jujur ada banyak banget hal baru yang aku coba, terutama buat ngembangin skill aku di dunia Digital Marketing. Salah satunya yang beberapa waktu lalu aku coba adalah, Tiktok Ads! Yap, ternyata di TikTok (platform yang kini jadi salah satu media sosial paling hits ini) kita juga bisa mengiklankan konten kayak di Meta.

Berangkat dari pure pengen coba-coba sekaligus dalam rangka nyeriusin akun TikTok @galawbermanfaat akhirnya langsung nyebur cobainlah aku sama fitur iklan satu ini. Menurutku kalau dilihat dari dashboard-nya, nggak sepusing Meta Ads yang IMO kurang beginner friendly :”) 

Baca juga: TikTok Nggak Cuma Soal Joged

TAPIII tentu aja ada kontranya nih, yaitu Tiktok Ads punya minimal budget untuk running ads yang mayan tinggi. Kalau dibandingin sama Meta, mayan jauhlah, karena di Meta minimal budget untuk per hari kan Rp10 ribuan. Jadi budget Rp100 ribu bisalah dibagi-bagi buat beberapa hari. Nah kalau di TikTok ternyata berbeda, fren! Menurut pengalaman aku kemarin, minimal budget yang perlu kamu siapin Rp200 ribu.

Awright, berikut aku breakdown hasil Tiktok Ads yang kemarin aku cobain. FYI, kemarin aku cobain selama 2 hari dengan budget Rp200 ribu ya!

Step by Step Tiktok Ads

Pertama, kamu perlu buka https://ads.tiktok.com/ lalu sign in pakai akun TikTok kalian. Ini wajib pake akun TikTok yang pengen kamu optimasi ya!

Step by step Tiktok ads
Kedua, authorize biar akun TikTok bisa masuk ke dashboard Tiktok Ads Manager.

Step by step Tiktok ads
Ketiga, klik buat iklan dan di sana bakal diminta memilih antara “Dasar” atau “Lanjutan”. Nah karena aku anaknya sotoy dan berbekal ilmu tipis-tipis pernah nge-ads di Meta, maka aku pilih “Lanjutan”.

Step by step Tiktok ads

Keempat, pilih Objective. Karena aku pengen nambah followers, maka aku pilih “Interaksi Komunitas”.

Step by step Tiktok ads
Selanjutnya, tinggal kamu set Audience, Budget dan Konten mana yang pengen kamu iklanin. Trust me langkah selanjutnya akan mudah karena keterangannya udah ditulisin lengkap sama TikTok, yay!

Baca juga: Hacks Biar Kontenmu Viral di TikTok

Trus Gimana Hasil Tiktok Ads?

Meskipun ini project coba-coba, tapi aku berusaha menempatkan kalo Tiktok Ads ini beneran project “profesional” aku. Jadi selain nerapin Objective yang jelas, aku juga pasang metrics keberhasilan iklan, yaitu:

  • Followers naik menjadi atau lebih besar dari 1000
  • Cost per followers baru di bawah Rp1000

Btwww, aku mengoptimasi 2 konten yang sebelumnya udah aku post berikut yaa:

@galawbermanfaat Padahal Mie Gacoan enak banget 😭 #relationshipmeme #galawbermanfaat ♬ sad hamster meme sound - CrazyToastCat

@galawbermanfaat Selama puasa gak boleh berantem dulu. Tackut batal 🙏 #relationshipmeme ♬ End of beginning by djo - Toria

Dan, eng ing eeeeng. Setelah aku running Tiktok Ads dari 16 - 17 Maret 2024, jumlah followers emang naik, tapi belum sesuai target. Followers naik sekitar 307 users dengan total impresi sebanyak 2.416 jangkauan. Laluuu, berapa total biaya per 1 user yang follow? Ternyata ada di angka Rp652, katanya sih masih lumayan okay selama belum menyentuh angka seribu rupiah. Ini CMIIW ya para suhu yang mungkin lagi baca ini, manggaaa~

Hasil Tiktok ads 01
Trus kalau dilihat dari Konversi Hasil, aku dapet 11,07%. Well, menurutku xo-xo aja sih dapat angka segitu. Mengingat kalau dilihat dari kenaikan total followers belum sampai menyentuh angka 1000 dan bertahan di angka 992 *aduh ini nyesek pol karena kurang dikit lagi :) 

Hasil Tiktok ads 02


Jadi apakah Tiktok Ads ini worth it atau enggak untuk dicoba?

Aku dengan yakin menjawab: INI WORTH IT BANGET FREN! Apalagi kalau kamu lagi pengen ngembangin skill di dunia Digital Marketing, coba-coba nge-ads di TikTok kataku mah gass aja. Dengan budget Rp200 ribu yang aku keluarin dan pengalaman yang didapet, menurutku (again) worth the price.

Sedikit fun fact, meskipun dari Objective Ads yang aku set di awal belum achieve sepenuhnya, nggak disangka-sangka salah satu konten TikTok aku justru FYP dengan ribuan likes, puluhan ribu views dan ratusan komentar setelah aku pasang ads. Padahal kalau dilihat-lihat, kontennya low effort banget. Tapi mungkin karena copy-nya lebih nge-hook dan relate sama audience-ku yang pada galau, jadi performanya malah jauuuuuh lebih okay daripada kedua konten yang aku optimasi tadi.

Btw, buat yang mau kepoin salah satu “keajaiban” selama aku bikin konten TikTok, sikaat!

@galawbermanfaat Udah berantem belom hari ini? #relationshipmeme #GalawBermanfaat ♬ ladyfingers - ‍‍‍‍‍‍‍‍‍‍chop


Nah, PR aku selanjutnya adalah lebih rajin bikin konten TikTok dan yang paling penting, explore hal-hal baru lagi di platform satu ini.

Jadi…kamu tertarik cobain Tiktok Ads juga nggak? Coba drop akun TikTok kalian sekalian dong, kali kita bisa mutualan :) 


Love sekebon,





Credit:

Feature image: Unsplash/Collabstr

Screenshot Tiktok Ads diambil dari dashboard pribadi

0 Comments:

Posting Komentar

Halo! Thank you udah baca tulisan ini sampai habis. Any comments?